Dosen UIN Malang Ciptakan Software Pertanian

MALANG – Suhartono (44), dosen Teknik  Informatika di Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim (UIN-Maliki) menemukan terobosan baru dalam bidang pertanian.
Dia berhasil menciptakan software(program) pertanian untuk memudahkan para peneliti serta petani yang ingin sukses di bidang pertanian. Software itu bisa membantu petani untuk mendapatkan kombinasi yang tepat komposisi tanah, pupuk dan penyiraman.  Serta memberikan proyeksi pertumbuhan pertumbuhan mulai dari tinggi tanaman, jumlah bunga, kerindangan daun, hingga jumlah buah yang dihasilkan.
“Tinggal meng-klik ‘Enter’, hasil pertumbuhan tanaman itu sudah bisa diprediksi dengan akurasi tinggi,” kata Suhartono, Rabu (5/9/2012), “Tapi  software itu belum diberi nama,” imbuh dosen
yang segera menempuh ujian doktor di ITS Surabaya itu.
Untuk percobaan awal, Suhartono menggunakan tanaman kembang kertas (Zinnia elegans). Penelitian dilakukan selama tiga tahun. Penelitian itu diberi judul:  Integrasi Fuzzi Mamdani dan Genetik L-System Programing untuk Pemodelan Pertumbuhan Tanaman Zinnia legans pada Interferensi Pemberian Pupuk.
Dalam eksperimennya, Suhartono melakukan berbagai  variasi komposisi
pemberian pupuk kompos dan NPK. Hasilnya juga mempunyai keragaman identifikasi nilai struktur dan fungsi pertumbuhan
tanaman kembang kertas. Total percobaan menghasilkan 60 model  pertumbuhan tanaman secara umum dan 12 pemodelan pertumbuhan tanaman kembang kertas.
“Dari seluruh percobaan yang saya lakukan, kombinasi pemberian
100 persen kompos dan 75 persen NPK akan mendapatkan itemukan hasil tanaman terbaik,”
terang bapak satu anak ini.

Akses Surabaya.Tribunnews.com

https://okepos.blogspot.com/2012/09/dosen-uin-malang-ciptakan-software.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *