Konselor ICT Pura 2013

ICTPura 2013 merupakan kegiatan yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika. Kegiatan ini untuk memiliki kumpulan data indikator di bidang TIK yang lengkap, termutakhir, dan terukur hingga ke kabupaten/kota. Kegiatan ICTPura pada tahun ke-3 ini akan melakukan pemetaan di 187 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

“Training of Counselor” ICTPura 2013 diadakan oleh APTIKOM wilayah 7 Jatim di Ruang Seminar Gedung A Kampus STIKI Malang pada hari Kamis-Sabtu (18-20 Juli 2013).

TOC ICTPura 2013 yang merupakan kelanjutan dari tahun 2010 dan 2011 yang lalu dinilai berhasil memanfaatkan TIK pada pemerintah daerah di berbagai kota dan kabupaten seluruh Indonesia. Penghargaan ICTPura tahun 2011 lalu Penghargaan Kota diperoleh seperti Surabaya (memperoleh i-utama), Madiun (memperoleh i-mula) dan Malang (memperoleh i-madya).

ICTPura ini merupakan Penghargaan Kota yang memanfaatkan teknologi informasi dan indikator suksesnya tergantung bagaimana penerapan TIK di Kota tersebut.

Para peserta pelatihan yang berjumlah 24 orang ini berasal dari Perguruan Tinggi yang ditunjuk oleh setiap koordinator Propinsi. Koordinator Propinsi Jawa timur Eva Handriyantini S.Kom, M.MT mengatakan bahwa dengan dilaksanakan ICTPura ini maka kita akan memiliki kumpulan data indikator di bidang TIK yang lengkap, termutakhir dan terukur hingga tingkat kota/kabupaten. Ini penting bagi kota yang tertinggal dalam penerapan dan pemanfaatan TIK.

Sementara itu, peserta dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menugaskan 10 Dosennya menjadi konselor di berbagai kota, salah satunya adalah DR Suhartono S.Si M.Kom di tempatkan di kabupaten Bangkalan. Implementasi ICT yang merupakan kerjasama antara APTIKOM (Asosiasi perguruan tinggi Informatika dan komputer) dan Kepala Daerah serta kalangan komunitas ini akan melihat bagaimana pemanfaatan ICT dalam melayani masyarakat secara online (e-government). Implementasi ICT tersebut meliputi perijinan online, surat online, sapa warga, layanan pendapatan daerah online, layanan keuangan, perpajakan, perindustrian, kesehatan, informasi keluarga miskin dan lainnya.

Menurut Koordinator wilayah JBNN (Jawa Bali NTT,NTB) Dra. Andiani M.Kom mengatakan, selama ini memang masih terdapat kendala seperti kurangnya sosialisai dan sulitnya mencari data yang diperlukan. Sehingga, Konselor yang dilatih ini diharapkan dapat mengungkap data yang benar untuk menampilkan indikator penerapan ICT di berbagai Kota dan Indonesia pada umumnya. Dilampirkan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika tentang Tim Konselor ICT Pura 2013. Download SK (https://drive.google.com/open?id=1T_EfE9hfMb_jT6Y7swkr2gHrTdHPGz-p)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *