Program Studi Magister Informatika (S2)

Program Studi Magister Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia NOMOR 96/M/2020 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Program magister ini diselenggarakan dalam bentuk perkuliahan langsung pada tahun pertama, dimana mahasiswa hadir dalam sebuah perkuliahan di kelas dan dibantu dengan pembelajaran daring. Disamping itu, pada tahun pertama mahasiswa juga diarahkan untuk mampu melakukan penelaahan terhadap berbagai pendekatan terkini (state-of-the-art) dari sebuah topik tertentu dari berbagai publikasi yang bereputasi nasional dan internasional. Pada tahun kedua mahasiswa akan dibimbing untuk melakukan penelitian oleh sejumlah dosen berkualifikasi doktor lulusan dari berbagai perguruan tinggi bereputasi internasional dan guru besar pada bidang ilmu komputer sesuai dengan road map penelitian program studi.

Program Studi Magister Informatika didukung oleh 5 dosen berkualifikasi doktor lulusan dari berbagai perguruan tinggi bereputasi nasional dan internasional, dan 1 dosen berkualifikasi Guru Besar bidang Ilmu Komputer. Lulusan Program Studi Magister Informatika mempunyai gelar Magister Komputer (M.Kom) dan dapat diterima sebagai dosen perguruan tinggi, peneliti, praktisi industri, pengembang IT, pegawai pemerintah, dan lain-lain. Profil lulusan yang dihasilkan dibagi menjadi dua peminatan yaitu :

  1. Media Informatics, akan menghasilkan profil lulusan Multimedia Specialist dan IT Specialist
  2. Data Mining, akan menghasilkan profil lulusan Data Specialist

Program Studi Magister Informatika dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), dengan beban kredit total 45 sks. Kalender akademik semester I dan III dimulai awal September untuk perkuliahan di kelas, sementara semester II dan IV dimulai awal Maret untuk penelitian sesuai road map penelitian.

Visi

Menjadi program studi magister informatika yang unggul, terpercaya, berdaya saing, dan bereputasi dalam bidang pendidikan, penelitian, penerapan informatika dan pengembangan keIslaman baik di tingkat nasional ataupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan program magister informatika yang berkualitas dan mampu menghasilkan sumberdaya manusia melalui pendidikan, penelitian dan pengembangan keIslaman yang memenuhi standar pendidikan nasional dan internasional.
  2. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Informatika.
  3. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang Informatika dengan berbagai pihak dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi.

Tujuan

  1. Mendidik dan menghasilkan lulusan yang kompeten baik sebagai peneliti, pendidik maupun tenaga profesional dalam bidang informatika dan pengembangan keIslaman yang memiliki kemampuan yang unggul dalam melakukan perancangan, analisis, dan eksperimen sistem yang berbasis personal computer, mini personal computer, mobile phone dan smartphone.
  2. Mendidik dan menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, kemandirian dan nilai keIslaman untuk berkompetisi di tingkat nasional dan internasional dalam bidang informatika melalui kemampuan melakukan penelitian dan publikasi ilmiah.
  3. Mendidik dan menghasilkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu kehidupan masyarakat dan kualitas beragama Islam melalui penerapan ilmu dalam bidang informatika dalam berbagai bidang.
  4. Menghasilkan publikasi ilmiah dalam bidang informatika yang berkualitas pada level nasional dan internasional
  5. Menghasilkan produk bidang informatika yang mendapatkan pengakuan HKI dan patent internasional
  6. Menghasilkan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka mengetahui dan memecahkan persoalan nasional maupun internasional terutama dalam bidang informatika sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran

Sasaran

  1. Pada tahun ajaran 2020/2021, menjadi program studi magister informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah memiliki Rancangan Pembelajaran yang terangkum di dalam GBPP dan SAP sebelum berjalannya perkuliahan.
  2. Pada tahun 2021/2022, menjadi program studi magister informatika
    UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah memiliki penelitian dan karya-karya ilmiah mahasiswa dan dosen dalam bidang informatika.
  3. Pada tahun 2022/2023, menjadi penggerak dalam pengembangan di bidang informatika di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Pada tahun 2023/2024, menjadi program studi magister informatika
    UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang memiliki peningkatan jejaring kerjasama nasional maupun internasional dalam bidang riset informatika.

Strategi

  1. Tahun pertama (2020/2021), mengembangkan materi ajar yang didukung oleh e-learning untuk mewujudkan perluasan pembelajaran, pembelajaran sepanjang masa dan learning on demand.
  2. Tahun kedua (2021/2022), melakukan penyempurnaan organisasi dan tata kelola serta sumber daya manusia untuk penelitian yang dikoordinir oleh program studi magister informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan kebijakan peran aktif pada setiap kompetisi hibah penelitian lokal, nasional maupun internasional.
  3. Tahun ketiga (2022/2023), memperbaiki dan membangun fasilitas pendidikan serta penelitian bekerjasama dengan pihak alumni, orang tua mahasiswa, industri dalam negeri, pemerintah serta institusi luar negeri melalui program kerjasama penelitian, program double degree dan lain-lain.
  4. Tahun keempat (2023/2024), memberdayakan program studi magister informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar secara terprogram dan terintegrasi.
  5. Tahun kelima (2024/2025), program studi magister informatika
    UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah menjadi rujukan riset dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yang adaptif, kolaboratif, dan kreatif, bertaraf nasional dan internasional sampai tahun 2030

Kurikulum Program Studi Magister Informatika (S2)

SEMESTER 1 (Total 18 sks)

Kecerdasan Buatan (3 sks)
Studi Al-Qur’an & Hadist Tematik (3 sks)
Rekayasa Perangkat Lunak (3 sks)
MK Pilihan (9 sks) 3 matakuliah

SEMESTER 2 (Total 15 sks)

Metodologi Penelitian (3 sks)
Studi Peradaban Islam (3 sks)
MK Pilihan (9 sks) 3 matakuliah

SEMESTER 3 (Total 6 sks)

Tesis – Proposal (3 sks)
Tesis – Publikasi Ilmiah (3 sks)

SEMESTER 4 (Total 6 sks)

Tesis – Sidang Akhir (6 sks)

Mata Kuliah Pilihan Utama

Topik Dalam Aplikasi WEB dan Teknik Layanan

Topik Dalam Perancangan Sistem UI/UX

Topik Dalam Sistem Informasi

Topik Dalam Komputasi Awan

Topik Dalam Pengaman Jaringan

Topik Dalam Data Mining

Mata Kuliah Pilihan Penunjang

Topik Dalam Pengenalan Pola dan Pemrosessan Citra Digital

Topik Dalam Analisis Data Geospasial

Topik Dalam Rekayasa Sistem Berbasis Pengetahuan

Topik Dalam Pengembangan Game, Realitas Virtual, dan Realitas Augmentasi

Topik Dalam Aplikasi Bergerak Lintas Platform

Staf Pengajar

Prof. Dr. Suhartono M.Kom (Ketua Program Studi), Dr M Faisal (Sekretaris Program Studi), Dr Cahyo Crysdian, Dr M Amin Hariadi, Fachrul Kurniawan, M.MT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *